Langkah Kerja Search Engine Memastikan Hasil Pencarian Te

http://dot-peace.blogspot.com/2013/06/langkah-kerja-search-engine-memastikan.html
Sebenarnya saya sendiri penasaran bagaimana sesuatu mesin pencari atau yang dikenal dengan sebutan search engine memastikan hasil pencariannya dari sekian juta data website didunia. dikarenakan penasaran saya melacak informasinya sampai pada mendapatkan sistem bagaimana langkah kerja search engine tersebut.

Ada tiga sistem yang perlu dikerjakan sebelum saat data tersebut di tunjukkan oleh search engine di halaman pencarian, salah satunya :

Sistem crawling.
sesuatu situs (blog) yang baru saja di publikasikan dapat di datangi oleh spider search engine untuk menaruh seluruh informasi yang ada dalam situs (blog), tidak terkecuali dengan seluruh link di situs (blog) tersebut. isi tiap-tiap halaman situs (blog) sekalian halaman situs (blog) dari link yang diikutkan pada situs (blog) ini dapat di analisa, baik dari susunan header tag ( h1 sampai h6 ), meta tag, title sampai pada pembacaan data berbentuk text yang ada didalamnya. sayangnya, data yang berbentuk gambar, spider search engine manapun tetap belum bisa mengcrawlnya bila tidak dibarengi dengan atribut alt.
seluruh sistem crawling ini sesungguhnya di atur oleh halaman robots. txt yang ada dalam situs (blog) kita. halaman robots. txt tersebut dapat memberitahu pada spider search engine perihal mana yang bisa di crawling serta yang tidak bisa dicrawling. banyak halaman situs (blog) kita diharuskan tidak bisa di crawling untuk keamanan situs (blog) dari beberapa hacker serta virus dan membuat perlindungan script penting dalam situs (blog) supaya tidak terbajak pihak lain layaknya script cms platform situs (blog) yang kita gunakan.
catatan : kadang-kadang kerja spider ini dapat terhalang bila dalam situs (blog) kita ada banyak error line pada template yang dipakai. karenanya butuh memperhitungkan penentuan template situs (blog). penentuan baiknya kita jatuhkan pada template yang sudah tervalidasi atau sekurang-kurangnya memiliki kandungan sedikit error line. apabila template mempunyai ratusan error line, di kuatirkan sistem crawling dapat gagal. hingga situs (blog) tak lagi dulu nampak dalam halaman pencarian search engine. perumpamaan search engine yang sensitive pada problem validasi template situs (blog) yaitu search engine bing.

Sistem index.
seluruh data yang sukses di crawl oleh spider search engine tersebut disimpan dalam sesuatu database index yang dibarengi dengan alamat urlnya. tujuan penyimpanan ini yaitu untuk mempercepat menampilkan hasil pencarian. data situs (blog) yang sangat banyak dicari yaitu yang mempunyai peluang semakin besar untuk keluar di hasil pencarian search engine.

Sistem search
saat kita memasukkan query ke dalam search engine, search engine dapat memeriksa database index serta berikan daftar halaman web yang sangat pas menurut persyaratan, umumnya dengan ringkasan singkat yang diisi judul, isi halaman serta alamat urlnya.

Begitulah kira - kira langkah kerja search engine dalam memastikan hasil pencarian.
semoga tulisan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi sobat semua.