Biodata Lengkap Pesepak Bola Dunia Leonel Messi Serta Perjalanan Karirnya Teranyar

Biodata Lengkap Pesepak Bola Dunia Leonel Messi Serta Perjalanan Karirnya Teranyar
Leonel messi, siapa yang tidak tahu serta mengetahui kehebatan bintang sepak bola yang satu ini. walau tubuhnya mungil tetapi messi mempunyai skill yang luar biasa saat memainkan si kulit bundar. aksi-aksinya di lapangan hijau senantiasa memukau serta bikin kagum beberapa penontonnya. bila mau tahu serta mengetahui lebih dalam sosok bintang sepak bola barcellona yang satu ini. dilahkan tengok profil lengkap leonel messi serta perjalanan karirnya di sepak bola di bawah ini.

lionel andrés messi ( pengucapan bahasa spanyol : ljoˈ ;nel anˈ ;dɾ ;es ˈ ;mesi, lahir di rosario, 24 juni 1987 ; umur 25 tahun ) yaitu seorang pemain sepak bola argentina yang sekarang ini bermain untuk fc barcelona serta merupakan kapten tim nasional sepak bola argentina, bermain sebagai penyerang. ia yaitu pencetak gol terbanyak barcelona selama histori. di umur 21 tahun, messi sudah dinominasikan untuk ballon dor serta pemain terbaik dunia fifa. pada 2009, ia memenangi ballon dor serta pemain terbaik dunia fifa serta penghargaan pertama fifa ballon d`or pada 2010 serta 2011.

messi yaitu pemain keempat yang menjuarai tiga ballon d`or, serta pemain ke-2 yang memenangi ballon d`or 2 x berturut-turut. ia sudah menjuarai lima la liga, dua copa del rey, lima supercopa de espana, tiga liga champions uefa, dua piala super eropa serta dua piala dunia klub. pada 2012, ia mencetak rekor liga champions uefa dengan jadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan. ia juga menyamai rekor 14 gol jose altafini di satu musim liga champions. ia juga mencetak rekor untuk gol terbanyak dalam satu musim pada musim 2011-12, dengan 73 gol. di musim yang sama, ia mencetak rekor pencetak gol terbanyak la liga dalam satu musim, 50 gol.

messi yaitu pencetak gol terbanyak piala dunia fifa u20 2005 dengan lima gol. pada 2005, ia jadi orang argentina termuda yang bermain di piala dunia fifa serta memenangi medali perak di copa américa 2007, di mana ia jadi pemain muda terbaik. style permainannya mengundang perbandingan dengan diego maradona, yang sudah menginformasikan messi sebagai penerusnya.

awal kehidupan messi

messi lahir di rosario, provinsi santa fe, dari pasangan jorge horácio messi, seorang pekerja pabrik besi serta celia maría cuccittini, seorang pembersih paruh waktu. dari garis keturunan ayahnya, ia datang dari ancona, sesuatu kota di italia, di mana leluhurnya, angelo messi, pindah ke argentina pada 1883. ia memiliki dua orang kakak lelaki, rodrigo serta matías, serta seorang saudara wanita, maría sol. di umur lima tahun, messi mulai bermain sepak bola untuk grandoli, klub sepak bola lokal yang dilatih ayahnya, jorge. pada 1995, messi berhimpun dengan newells old boys yang berbasis di kampung halamannya, rosario. ia jadi sisi dari pasukan lokal yang cuma kalah sekali dari empat tahun, serta dikenal sebagai mesin 87, dari tahun kelahiran mereka.

pada umur 11 tahun, messi didiagnosa menderita kekurangan hormon perkembangan. tim elit river plate berminat atas perubahannya, namun mereka tidak punya duit cukup untuk pengobatannya, yang mencpaai $900 per bln.. carles rexach, direktur olahraga fc barcelona, sudah mendapatkan talente messi dikarenakan ia memiliki kerabat di lleida, serta ayahnya mengatur uji cobalah berbarengan tim tersebut. rexach, tanpa kertas di tangan, mengajukan tawaran kontrak pada messi diatas serbet makan kertas. 2425 barcelona tawarkan untuk membiayai penyembuhan messi bila ia akan geser ke spanyol. messi serta ayahnya lantas geser ke barcelona, serta ia masuk ke akademi muda klub.

Barcelona
Biodata Lengkap Pesepak Bola Dunia Leonel Messi Serta Perjalanan Karirnya Teranyar
messi bermain untuk tim junior barca, infantil b serta cadete b & a dari 2000 sampai 2003 ( mencetak 37 gol dari 30 laga di cadete a ). musim 2003-04, ia mencetak rekor di lima tim tidak sama : tampak satu laga di juvenil b ( satu gol ), serta dipromosikan ke juvenil a ( 14 laga, 21 gol ). lantas ia tampak untuk fc barcelona c di tercera división, pada 29 november 2003 serta untuk fc barcelona b di segunda división b pada 6 maret 2004. ia bermain untuk tim-tim tersebut selama musim ( delapan laga, lima gol, serta lima laga, tanpa gol ). apalagi sebelum saat debut-debut tersebut, messi sudah tampak dengan resmi untuk pertama kali untuk tim utama pada 16 november 2003 dalam umur 16 tahun serta 145 hari, di sesuatu laga persahabatan melawan fc porto.

kurang dari 1 tahun sesudah debut, frank rijkaard berikan peluang debut la liga untuk messi dalam laga melawan rcd espanyol pada 16 oktober 2004 ( 17 tahun 114 hari ), jadi pemain termuda ketiga yang bermain untuk barca serta pemain klub termuda di la liga, sebelum saat dipatahkan bojan krkić ; pada september 2007. waktu ia mencetak gol senior pertamanya menghadapi albacete balompié pada mei 2005, messi berumur 15 tahun, 10 bln. serta 7 hari, jadi pencetak gol termuda dalam histori barcelona sebelum saat kembali dipatahkan krkic pada 2007, yang mencetak gol dari assist messi. messi berkata mengenai bekas pelatihnya, rijkaard : saya tidak dapat dulu melupakan fakta bahwa dia yang mengawali karir saya, yang berikan saya keyakinan diri waktu umur saya baru 16 serta 17 tahun. sepanjang musim itu, ia juga bermain untuk fc barcelona b, mencetak 6 gol dari 17 laga.

tetapi saying messi tidak berani bermain untuk lain club,. samapai sekarang ini messi tetap cuma bermain untuk barcellona. walau sebenarnya seluruh pingin tahu sepak terjang messi bila bermain di klub yang tidak sama.

Karir Internasional

Biodata Lengkap Pesepak Bola Dunia Leonel Messi Serta Perjalanan Karirnya Teranyar
pada juni 2004, ia mengawali debutnya untuk argentina, bermain di pertandingan persahabatan u-20 melawan paraguay. pada tahun 2005 dia yaitu sisi dari sesuatu tim yang memenangkan kejuaraan dunia fifa 2005 pemuda di belanda. di sana, ia memenangkan golden ball serta golden shoe, mencetak gol di empat paling akhir pertandingan argentina serta jaring keseluruhan enam untuk turnamen. dia bikin debut internasional penuh pada 17 agustus 2005 melawan hungaria pada umur 18. ia digantikan pada menit ke-63 sepanjang, namun dikirim pada menit ke-65 dikarenakan wasit, markus merk, ditemukan ia headbutted bek vilmos vanczák, yang menarik kemeja messi. ketentuan itu kontroversial serta maradona apalagi menyebutkan ketentuan itu pra-bermeditasi. messi kembali ke tim pada tanggal 3 september di kualifikasi piala dunia argentina 1-0 kekalahan pergi ke paraguay. menyambut pertandingan ia menyebutkan ini yaitu ulang debut pertama agak singkat. dia lantas mulai pertandingan pertamanya untuk argentina melawan peru, sesudah pertandingan pekerman diterangkan messi sebagai permata. pada tanggal 28 maret 2009, dalam kualifikasi piala dunia melawan venezuela, messi kenakan jersey nomer 10 untuk pertama kalinya dengan argentina. pertandingan ini merupakan pertandingan resmi pertama untuk diego maradona sebagai manajer argentina. argentina memenangkan pertandingan 4-0 dengan messi membuka skor. pada tanggal 17 november 2010, messi mencetak gol di menit paling akhir melawan rival amerika selatan brasil sesudah usaha individu untuk menolong timnya menang 1-0 dalam pertandingan persahabatan, yang diadakan di doha. ini yaitu pertama kalinya bahwa ia sudah mencetak gol melawan brasil di tingkat senior. messi mencetak satu gol lagi menit-menit paling akhir pada 9 februari 2011 melawan portugal dalam tendangan penalti yang berikan timnya kemenangan 2-1 di pertandingan persahabatan, yang diadakan di jenewa, swiss.

Piala Dunia 2006
Biodata Lengkap Pesepak Bola Dunia Leonel Messi Serta Perjalanan Karirnya Teranyar
cedera yang terus messi dari bermain sepanjang dua bln. pada akhir musim 2005-06 terancam kehadirannya di piala dunia 2006. walau demikianlah, messi terpilih dalam skuat argentina untuk turnamen pada tanggal 15 mei 2006. dia juga bermain di pertandingan paling akhir sebelum saat piala dunia melawan argentina u-20 tim sepanjang 15 menit serta pertandingan persahabatan melawan angola dari menit ke-64. dia melihat laga pembuka argentina kemenangan melawan pantai gading dari pengganti itu bangku dalam pertandingan selanjutnya melawan serbia serta montenegro, messi jadi pemain termuda untuk mewakili argentina di piala dunia saat ia datang sebagai pengganti maxi rodríguez pada menit ke-74. dia dibantu tujuan hernán crespo dalam hitungan menit memasuki permainan serta juga mencetak gol paling akhir dalam kemenangan 6-0, bikin dia pencetak gol termuda di turnamen serta pencetak gol termuda keenam dalam histori piala dunia. messi mulai saat mengikuti imbang argentina 0-0 melawan belanda. pada pertandingan berikut melawanmeksiko, messi datang sebagai pengganti di menit ke-84, dengan skor terikat pada 1-1. dia nampak untuk mencetak gol, namun ia memerintah argentina offside dengan tujuan akhir memerlukan waktu ekstra dalam untuk meneruskan. pelatih jose pekerman meninggalkan messi di bangku cadangan sepanjang pertandingan perempat final melawan jerman, yang mereka kalah 4-2 pada adu penalti.
copa américa 2007

messi memainkan pertandingan pertama di copa america 2007 pada tanggal 29 juni 2007, saat argentina mengalahkan amerika serikat4-1 di pertandingan pertama. dalam permainan ini, ia tunjukkan kekuatan sebagai seorang playmaker. dia membangun sesuatu tujuan untuk sesama striker hernan crespo serta mempunyai banyak tembakan pada target. tevez datang sebagai pengganti messi di menit ke-79 serta mencetak gol menit lantas. pertandingan ke-2 yaitu melawan kolombia, dimana dia memenangkan penalti yang crespo dikonversi untuk mengikat permainan di 1-1. dia juga bertindak dalam gol ke-2 argentina waktu dia dilanggar di luar kotak, yang sangat mungkin juan roman riquelme mencetak gol dari tendangan bebas, serta menambah memimpin argentina jadi 3-1. skor akhir pertandingan itu 4-2 argentina beri dukungan serta menanggung mereka satu area di perempat final turnamen itu. pada pertandingan ketiga, melawan paraguay pelatih messi beristirahat dikarenakan sudah mencukupi syarat untuk babak perempat final. dia datang dari bangku cadangan di area esteban cambiasso di menit ke-64, dengan skor di 0-0. pada menit ke-79, ia dibantu tujuan untuk javier mascherano. di perempat final, waktu argentina menghadapi peru, messi mencetak gol ke-2 dari permainan, dari lulus riquelme dalam kemenangan 4-0. sepanjang pertandingan semi-final melawan meksiko, messi mencetak kian lebih oswaldo sánchez lob untuk lihat argentina melewati ke final dengan kemenangan 3-0. argentina meneruskan kehilangan 3-0 ke brasil di final.

Olimpiade Musim Panas 2008

sesudah dilarang messi dari bermain untuk argentina di olimpiade 2008, barcelona setuju untuk melepas sesudah dia mengadakan perbincangan dengan pelatih baru josep guardiola ditunjuk. ia berhimpun dengan skuat argentina serta mencetak gol pertama dalam kemenangan 2-1 atas pantai gading. ia lantas mencetak gol pembuka serta menolong Ángel maría didalam ke-2 untuk menolong timnya menang 2-1 perpanjangan waktu melawan belanda. dia juga tampak dalam pertandingan argentina melawan saingan brasil, dimana argentina mengambil kemenangan 3-0, hingga maju ke final. dalam pertandingan medali emas, messi kembali dibantu di maría untuk hanya satu gol kemenangan 1-0 atas nigeria.

Piala Dunia 2010

messi memainkan seluruh pertandingan pada pertandingan pembuka argentina di piala dunia 2010, kemenangan 1-0 melawan nigeria. dia sebagian kesempatan untuk mencetak gol namun berkali-kali tidak diterima oleh vincent enyeama messi diawali pada sesudah argentina menang 4-1 melawan korea republik. ia berperan serta dalam seluruh gol timnya serta menolong gonzalo higuain mencetak hat-trick. pada pertandingan grup ketiga serta paling akhir step messi kapten waktu argentina menang 2-0 atas yunani, sekali lagi jadi centrepoint bermain argentina serta terpilih man of the match. pada babak 16 dia dibantu carlos tévez untuk gol pertama dalam kemenangan 3-1 melawan meksiko. wasit diberikan bahwa gol walau itu jelas offside. piala dunia untuk argentina berakhir dengan hilangnya 4-0 melawan jermandi perempat final.

penghargaan serta kehormatan

klub

barcelona

• la liga : 5 ( 2004–05, 2005–06, 2008–09, 2009–10, 2010–11 )
• copa del rey : ( 2008–09 )
• supercopa de españa : 5 ( 2005, 2006, 2009, 2010, 2011 )
• uefa champions league : 3 ( 2005–06, 2008–09, 2010–11 )
• uefa super cup : 2 ( 2009, 2011 )
• fifa club world cup : 2 ( 2009, 2011 )

argentina

• fifa u-20 world cup : ( 2005 )
• olympic gold medal : ( 2008 )

individual

• fifa ballon dor : 2 ( 2010, 2011 )
• ballon dor : 3 ( 2009 2010 2011 )
• fifa world player of the year : ( 2009 )
• fifa team of the year : 3 ( 2008, 2009, 2010 )
• u-21 european footballer of the year : ( 2007 )
• la liga player of the year : 3 ( 2009, 2010, 2011 )
• la liga top goalscorer : ( 2010 )
• copa del rey top goalscorer : ( 2011 )
• la liga foreign player of the year : 3 ( 2007, 2009, 2010 )
• la liga ibero-american player of the year : 4 ( 2007, 2009, 2010, 2011 )
• european golden shoe : ( 2010 )
• uefa champions league top goalscorer : 3 ( 2009, 2010, 2011 )
• uefa best player in europe : ( 2011 )
• uefa club footballer of the year : ( 2009 )
• uefa champions league forward of the year : ( 2009 )
• uefa champions league final man of the match : ( 2011 )
• uefa champions league final fans man of the match : 2 ( 2009, 2011 )
• uefa team of the year : 3 ( 2008, 2009, 2010 )
• footballer of the year of argentina : 5 ( 2005, 2007, 2008, 2009, 2010 )
• fifpro world player of the year : 2 ( 2009, 2010 )
• fifpro world young player of the year : 3 ( 2006, 2007, 2008 )
• fifpro special young player of the year : 2 ( 2007, 2008 )
• fifpro world xi : 4 ( 2007, 2008, 2009, 2010 )
• fifa u-20 world cup player of the tournament : ( 2005 )
• fifa u-20 world cup top goalscorer : ( 2005 )
• copa américa young player of the tournament : ( 2007 )
• world soccer player of the year : ( 2009 )
• world soccer young player of the year : 3 ( 2006, 2007, 2008 )
• fifa club world cup golden ball : ( 2009 )
• esm team of the year : 5 ( 2005–06, 2007–08, 2008–09, 2009–10, 2010–11 )
• onze dor : 2 ( 2009, 2010 )
• bravo award : ( 2007 )
• tuttosport golden boy : ( 2005 )
• marca leyenda : ( 2009 )
• uefa best goal of the year : ( 2007 )

Saat ini di musim di tahun 2013 tepatnya musim persaingan 2012-2013 leonel messi tetap berpeluang menggapai penghargaan ballon d’or serta pemain terbaik fifa. tetapi messi mesti berkompetisi ketat dengan rival abadinya yakni cristiano ronaldo serta rekan satu teamnya andreas iniesta.